KOMUNITAS NGEJAH DI CNN TV

Oleh: Ambu Arya

Ada yang berbeda di Ramadhan kali ini. Berkah Ramadhan datang ke Komunitas Ngejah. Kali ini Komunitas Ngejah kembali diliput stasiun TV, setelah sebelumnya pernah diliput oleh Kick Andy Metro TV, Lentera Indonesia Net TV, dan saat ini yang meliput adalah Kru CNN TV dalam program Heroes. Selama tiga hari tim redaksi Heroes meliput kegiatan Komunitas Ngejah. CNN Indonesia Heroes  (menurut laman Transvision) adalah salah satu program feature berdurasi setengah jam, mengangkat sosok-sosok yang melakukan banyak hal untuk menjadi berguna bagi sesamanya. Orang-orang yang dengan kerelaan hati melakukan terobosan untuk menjadikan hidup menjadi lebih mudah dijalani bagi orang lain. Mereka adalah orang-orang biasa yang mengerjakan hal luar biasa.

Berangkat dari tujuan program tersebut, sosok Presiden Komunitas Ngejah, yaitu Kang Opik terpilih sebagai salah satu sosok inspiratif. Judul tayangannya adalah “Sosok Inspiratif: Generasi Literasi Penebar Inspirasi.” Cuplikan tayangan tersebut (saat ini bisa diakses melalui channel Youtube) tidak hanya merangkum kegiatan harian di Saung Komunitas Ngejah, melainkan diliput pula kegiatan di salah satu Pojok Baca Komunitas Ngejah yang terletak di Bojong Gambir. Pojok Baca tersebut diberi nama Abatasa yang sedang melakukan aktivitas diskusi mengenai Pemanfaatan Media Digital untuk Sarana Bisnis Online. Kegiatan tersebut diisi oleh Kak Budi sebagai penanggung jawab Warung Ngejah dan dimoderatori oleh Pak Ato sebagai pengelola Pojok Baca Abatasa.

Setelah itu, kru CNN TV kembali ke Saung Komunitas Ngejah untuk meliput kegiatan Ngejah Junior yang dibimbing oleh Teh Vita Siti Zulaikha. Selain bertempat di dua lokasi tersebut, tim CNN TV kemudian mengikuti aktivitas literasi yang sedang dijalani oleh Presiden Ngejah. Saat itu bertepatan dengan kegiatan rembuk baca TBM di Kemdikbud, maka tim CNN TV meneruskan liputannya bersama Kang Opik di Kemdikbud Jakarta. Setelah acara di Jakarta selesai langkah Kang Opik berlanjut ke Karawang, tempat berlangsungnya pertemuan Forum TBM Jawa Barat. Karena Kang Opik diamanahi sebagai Ketua Forum TBM Jawa Barat, maka langkahnya berlanjut ke Karawang. Jadi, perjalanan kru CNN TV berawal dari Singajaya, Bojong Gambir, Jakarta, kemudian berakhir di Karawang. Karena yang diangkat adalah sosok penebar literasi, maka segala aktivitas literasi yang dijalani oleh Kang Opik menjadi agenda shooting untuk program Heroes ini.

            Dengan demikian, tayangan Ngejah on Tv kali ini berbeda dari liputan sebelumnya. Seperti telah disebutkan di atas, Komunitas Ngejah pernah diliput oleh Metro TV, Net TV, dan kali ini CNN TV Indonesia.  Liputan berawal dari kedatangan kru CNN TV pada jumat sore. Hari itu tepatnya tanggal 08 s.d 10 Juni 2018. Semua kegiatan Komunitas Ngejah direkam oleh tim CNN TV. Karena kedatangan tim CNN Indonesia Heroes bertepatan dengan bulan Ramadhan, hal pertama yang dilakukan adalah buka bersama kru CNN TV di Saung Komunitas Ngejah. Ambu Arya bersama Mamah Udew menyiapkan hidangan berbuka puasa. Sambil menyantap hidangan, mereka berbincang-bincang dengan Kak Budi dan Mang Uwi yang selalu standby di Komunitas Ngejah. Adapula Kang Roni dan Azis yang juga ikut menemani mereka. Perbincangan mengarah pada apa saja kegiatan  Komunitas Ngejah yang akan diliput oleh CNN TV Indonesia.

            Sebab yang diangkat adalah sosok Heroes Presiden Komunitas Ngejah, maka kegiatan diawali dengan wawancara bersama sang presiden. Wawancara ini berlangsung santai, mengingat Kang Opik baru datang dari kegiatan literasi di Tasikmalaya. Sambil menunggu kedatangan Kang Opik, tim CNN TV meliput kegiatan Teh Yuni Ariyanti sebagai Pustakawan Komunitas Ngejah yang sedang merapikan buku di saung. Hampir setiap hari, kecuali hari jumat (libur) buku-buku didisplay di rak yang terletak di saung Komunitas Ngejah. Ketika Teh Yuni sedang asik membereskan buku, anak-anak Ngejah Junior berdatangan.   

Ngejah Junior adalah salah satu lini Komunitas Ngejah yang dibuat sebagai wadah mengembangkan kreativitas, meningkatkan minat baca, dan mencintai seni bagi anggota komunitas yang masih usia pelajar. Hampir setiap hari, sepulang sekolah anggota Ngejah Junior berkegiatan di Saung Komunitas Ngejah. Karena selama bulan Ramadhan, kegiatan di sekolah tidak full seperti hari biasa, karena itu pula waktu belajar dan bermain anak-anak Ngejah Junior banyak dihabiskan di Saung Komunitas Ngejah.

            Kegiatan Ngejah Junior yang diliput CNN TV adalah latihan angklung bersama Teh Vita, pembimbing Ngejah Junior. Pada latihan angklung ini, lagu yang dibawakan dalah Desaku yang Tercinta dan Kolam Susu. Dua lagu ini sering dimainkan oleh Ngejah Junior karena sedang dipersiapkan untuk penampilan Ngejah Junior pada acara GRCC di Jakarta. Di waktu yang lain Ngejah Junior juga sering memainkan lagu sholawat Sholatullah, lagu Selamat Ulang Tahun, Naik-naik Ke Puncak Gunung, dan Twinkle-twinkle Little Star.

Setelah latihan angklung, Ngejah Junior diarahkan Kak Budi untuk belajar mendongeng bersama Si Sam (boneka tangan Kak Budi). Selain itu, ada juga Sima (boneka tangan milik Syifa), dan Alvin (boneka tangan milik Meila). Ketiga boneka tersebut dimainkan sebagai media mendongeng agar kegiatan mendongeng berlangsung meriah. Kegiatan mendongeng berlangsung seru, Sam, Sima, dan Alvin berinteraksi dengan ceria, anak-anak pun terlihat gembira. Tertawa dan bercanda bersama Si Sam, Sima, dan Alvin membuat kegiatan mendongeng menjadi menyenangkan. Anak-anak Ngejah Junior tidak hanya dilatih untuk mengingat dan menceritakan kembali isi bacaan, atau dongeng yang telah disampaikan, namun bisa mengambil hikmah atau pelajaran yang didapat dari dongeng tersebut. Waktu beranjak sore, kegiatan hari ini ditutup dengan buka puasa bersama.

            Pada malam harinya diadakan rapat untuk persiapan pelaksanaan Gerakan Kampung Membaca (yang sering disingkat GKM) di Kampung Ciawi Tali, Kecamatan Singajaya. Gerakan Kampung Membaca merupakan program unggulan Komunitas Ngejah dalam rangka memperluas akses bacaan. Tidak hanya anak-anak sekitar Saung Komunitas Ngejah saja yang bisa membaca banyak buku, melainkan virus membaca juga disebarkan ke kampung-kampung sekitar Komunitas Ngejah berada. Pojok-pojok baca didirikan guna mengokohkan gerakan ini. Gerakan Kampung Membaca di Ciawi Tali berlangsung meriah dihadiri puluhan anak-anak dari Kampung Ciawi Tali didampingi oleh ibu-ibu yang juga membawa anak balita. Setelah kegiatan GKM, pada malam harinya dilakukan wawancara ekslusif bersama Presiden Komunitas Ngejah.

            Wawancara ini berisi tentang perjalanan Komunitas Ngejah dari awal hingga pencapaian-pencapaian apa saja yang berhasil diraih Komunitas Ngejah. Prestasi relawan komunitas Ngejah, perekrutan dan konsistensi relawan, lini usaha Komunitas Ngejah yang disebut Warung Ngejah, kegiatan Ngejah Junior, Gerakan Kampung Membaca serta Pojok Baca, dan segala aktivitas Komunitas Ngejah selama sewindu telah berkiprah. Demikian, liputan Komunitas Ngejah bersama CNN TV. Dengan harapan gerakan Komunitas Ngejah terus berumur panjang dan istiqomah menularkan virus membaca serta konsisten mengusung misinya untuk semangat berkarya, berbagi, dan bersama menghidupkan denyut jantung kampung halaman tercinta.

Sekian. Salam Literasi dan semangat berkarya!

Sukawangi, 20 Juli 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *